Jumat, 19-04-2024
  • MAN 6 Ciamis Ber-ADAB (Agamis, Disiplin, Amanah dan Berprestasi)

MAN 6 Ciamis Akan Gelar Pesantren dan Expo Ramadhan (Pastrex) 1445 H

Diterbitkan : - Kategori : Berita

MAN 6 Ciamis, 23 Maret 2024 –

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 6 Ciamis akan menggelar kegiatan Ramadan bertajuk ‘Pesantren dan Expo Ramadan (Pastrex)’ dalam rangka menyambut dan mengisi Bulan Suci Ramadan 1445 Hijriah. Acara yang diikuti oleh seluruh siswa ini rencananya akandiselenggarakan selama sembilan hari mulai 25 Maret hingga 3 April 2024.

Wakil Kepala bid. Kurikulum MAN 6 Ciamis, Dr. Dadan Jauhara M.Pd. menyampaikan bahwa Pastrex merupakan agenda tahunan madrasah untuk memberikan pendidikan dan pemahaman yang mendalam terkait ibadah dan amalan di Bulan Ramadhan. “Melalui kegiatan ini, kami berharap siswa dapat meningkatkan kualitas iman dan taqwa serta mengamalkan nilai-nilai luhur Ramadhan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Dadan.

Pastrex menampilkan rangkaian kegiatan seperti shalat dhuha berjamaah, tadarus Al-Qur’an, kajian keislaman, seminar, tablig akbar, pameran (expo), dan berbagai kegiatan lainnya. Sejumlah penceramah dan narasumber terkemuka dari berbagai kalangan turut dihadirkan untuk membagikan ilmu dan wawasan.

Beberapa topik menarik yang dibahas antara lain kajian Al-Qur’an, fiqih puasa, tafsir tematik, aqidah Ahlussunah wal Jamaah, puasa dalam pengembangan karakter siswa, puasa dan kesehatan mental, budaya puasa di Nusantara dan mancanegara, manajemen keuangan Ramadhan, berwirausaha di Bulan Ramadhan, serta kreasi literasi.

“Pastrex bukan hanya memperkaya wawasan keagamaan siswa, tetapi juga membentuk karakter dan kepribadian mereka agar siap menghadapi tantangan zaman dengan berbekal nilai-nilai Islam yang kokoh,” tambah Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, Drs. Didi Wahyudi, M.Pd

Selain itu, rangkaian acara ditutup dengan Ramadhan Expo dan Bakti Sosial yang melibatkan siswa, guru, serta masyarakat sekitar. Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat berbagi, kepedulian sosial, dan kecintaan pada sesama.